RAPAT KOORDINASI WILAYAH KERJA TAHUN 2019

Sentul (17/10/2019), Dalam rangka meningkatkan harmonisasi antara Regulator dan Operator di wilayah kerjanya, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama menyelenggarakan Rapat Koordinasi Wilayah Kerja (Rakorwilker). Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yang dibuka oleh Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama, yang diikuti oleh perwakilan dari Direktorat di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Operator Bandar Udara (UPBU dan BUBU), Perwakilan Operator Penerbangan, Operator Navigasi, Perwakilan AOC Domestik, Perwakilan AOC Internasional, Regulated Agent, Lembaga Diklat dan Sekolah Penerbang yang berada di wilayah kerja Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama.

Dalam sambutan dan arahan Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama, Herson mengatakan bahwa penyelenggaraan RAKORWILKER ini mempunyai nilai penting dan nilai strategis sebagai wahana koordinasi, sinkronisasi dan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan tugas dan fungsi Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama, khususnya pengendalian dan pengawasan terhadap pemenuhan peraturan-peraturan dan perundang-undangan penerbangan serta sebagai wahana mendiskusikan isu-isu strategis dibidang penerbangan.

Herson mengharapkan RAKORWILKER Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama dapat memberi masukan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dalam pengambilan keputusan dan kebijakaan. Saat ini peranan sektor transportasi, khususnya tranportasi udara, menjadi sangat vital bagi Indonesia dalam menunjang keberhasilan pembangunan Indonesia, mengingat sektor transportasi merupakan urat nadi kehidupan ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan serta politik berbangsa. Industri transportasi udara memegang peranan utama dalam kegiatan ekonomi dan mengalami pertumbuhan paling pesat di dunia.

Pencapaian peningkatan terhadap sistem keselamatan dan keamanan adalah prioritas tertinggi dalam penerbangan yang menjadi tantangan bagi kita khususnya bagi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk meminimalisir kecelakaan (zero accident). Keselamatan dan keamanan penerbangan merupakan tanggung jawab bersama seluruh pemangku kepentingan di bidang penerbangan.

Beberapa tahun ke depan dunia penerbangan akan menghadapi tantangan besar yang penuh dengan teknologi dan inovasi. Tantangan tersebut antara lain adalah pesawat tanpa awak (unmanned aerial vehicle) atau kita kenal dengan sebutan drone, Artificial Intelligence and Robotics, kemajuan teknologi cyber security, perubahan lingkungan (climate change), pesatnya pertumbuhan kota bandar udara (airport city), simplified airspace, kebutuhan penggunaan aplikasi penerbangan pada smartphone, inovasi digital pada industri kargo, revolusi low cost carrier, dan lain-lain.

Menghadapi tantangan tersebut, regulator serta operator harus mampu mengantisipasi dan bersama-sama bersinergi dalam memajukan industri penerbangan nasional. Selain menghadapi tantangan global penerbangan juga terdapat isu-isu strategis yang dihadapi di lingkungan penerbangan nasional di antaranya isu terkait kapasitas dan ekspansi jumlah penumpang, konektivitas dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, program jembatan udara, skema pembiayaan non APBN, potensi limited consession scheme, indikasi proyek-proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), pengembangan wilayah, serta peningkatan kinerja infrastruktur logistik untuk menghadapi daya saing regional dan global Industri penerbangan dalam negeri saat ini terus berkembang dan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Hal ini menunjukkan semakin pentingnya pengaturan, pengawasan dan pengendalian dari pemerintah. Saya meyakini bahwa masukan-masukan dari stakeholder akan sangat berharga dalam menentukan perkembangan kemajuan transportasi udara pada masa yang akan datang, ujarnya.

Sebagai informasi pada sehari sebelumnya, pembukaan Kegiatan RAKORWILKER Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama, diawali dengan pemukulan gong yang menandai dibukanya RAKORWILKER dan diakhiri dengan kegiatan ramah tamah dengan peserta Rakorwilker.



Humas Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama
Jl. C2 Gedung Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama
Tangerang
021 55912648
Website : //otban-wil1.dephub.go.id
Instagram : otbansatu
Facebook : otbansatu Utama
Twitter : @Otbansatu_CGK


Gallery & Files


Share: